3 Tips Cerdas Memanfaatkan Lahan Sempit Untuk Taman Minimalis

Posted on

Taman rumah minimalis modern – Permintaan akan perumahan terus meningkat kepada pemerintah. Keluarga dengan ekonomi menengah lebih suka membeli rumah dengan tipe yang kecil seperti tipe 21 atau 36 untuk tempat tinggal keluarga.

Meskipun luas tanahnya terbatas, namun sebagian tanah disisihkan untuk memberi penghijuan agar suasana rumah teduh dan sejuk. Di halaman yang sempit tidak memungkinkan untuk menanam pohon yang besar seperti pohon buah karena pohon buah cenderung membutuhkan ruang gerak yang luas dan sinar matahari yang banyak agar bisa berbuah. Halaman dengan tumbuhan hias lebih cocok untuk mengisi lahan yang sempit. Berikut adalah beberapa tips mendesain taman rumah minimalis modern.

Tentukan area taman

Sebelum memilih jenis tanaman yang cocok untuk halaman Anda yang terbatas, tentukan berapa luas tanah yang ingin disisihkan untuk membuat taman. Jangan khawatir jika Anda hanya bisa menyisihkan lahan yang kecil misalnya 2 x 1 m atau 3 x 1 m, dengan pemilihan tanaman dan penataan yang tepat taman mungil Anda bisa berfungsi sebagai pemanis rumah dan tentu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk perawatan. Area yang digunakan untuk taman juga penting.

Pilih area yang terkena banyak sinar matahari dan terbuka. Bila Anda takut tanaman akan terendam air saat banjir atau rusak karena terkena angin besar, Anda bisa membatasi rumah dengan pagar kecil. Pagar tidak hanya dibuat dari bahan material, menggunakan tanaman untuk pembatas antara rumah dengan wilayah luar bisa memberikan kesan yang lebih natural dan tidak kaku. Tanaman pagar alami antara lain adalah pohon bambu kecil, atau tanaman semak.

Pilih tanaman yang tidak terlalu besar

Tanaman hias seperti bunga mawar, melati, kenanga, anggrek, dan bunga lainnya cocok ditanam di halaman yang sempit. Pastikan kondisi tanah di halaman Anda cocok untuk ditanami tumbuhan tersebut. Anda juga bisa menanam tanaman semak-semak untuk menghijaukan pemandangan, atau tanaman dalam pot seperti gelombang cinta dan kuping gajah. Pilih tanaman atau bunga yang warnanya bervariasi agar taman mungil Anda lebih indah dan cantik untuk taman rumah minimalis modern.

Menggunakan ornamen pendukung

Tidak saja hanya memilih tanaman untuk mengisi taman yang mungil, namun Anda bisa menyelimuti tanah taman dengan rumput golf. Dengan menempelkan rumput golf pada tanah akan membuat taman menjadi lebih segar dan bersih, serta rapi. Ornamen yang bisa Anda tambahkan selain rumput adalah kolam kecil. Unsur air sangat penting bagi taman rumah minimalis modern karena sifatnya yang menenangkan dan menyejukkan.

Di dalam kolam bisa ditambahkan dengan ikan hias seperti ikan koi untuk memberi nyawa pada kolam. Batu kali yang halus juga bisa dijadikan hiasan tambahan atau dijadikan alas tanah sebagai pengganti rumput, bisa juga dikombinasikan dengan rumput.

desain taman minimalis (1)
Image: desainrumahkita.net
desain taman minimalis (2)
Image: desainrumahkita.net
desain taman minimalis (3)
Image: desainrumahkita.net
desain taman minimalis (4)
Image: desainrumahkita.net
desain taman minimalis (5)
Image: desainrumahkita.net
desain taman minimalis (6)
Image: desainrumahkita.net