Tips Memanfaatkan Budget Rendah Untuk Rumah Minimalis Modern

Posted on

Rumah minimalis modern 2 lantai – Membeli rumah jadi siap huni tentu lebih praktis dan Anda tidak perlu repot-repot memikirkan desain rumah dan pengaturannya. Namun kelemahannya adalah akan sulit bagi Anda jika memiliki ide-ide sendiri untuk mendesain eksterior dan interior rumah. Membeli rumah jadi juga bisa memakan biaya yang sangat banyak karena Anda tidak saja hanya membeli tanah, namun biaya yang yang Anda keluarkan menutupi biaya untuk membuat bangunannya, biaya pengurusan surat-surat kepemilikan, dan biaya jasa kepada pengembang atau bunga pada bank jika Anda mengambil KPR. Bagi Anda yang hanya menyediakan budget terbatas, membuat rumah sendiri bisa menjadi pilihan untuk membangun rumah minimalis modern 2 lantai, berikut tipsnya.

Rumah minimalis 2 lantai modern type 45
Rumah minimalis 2 lantai modern type 45

Memanfaatkan budget rendah

Dengan biaya kurang dari 800 juta Anda sudah bisa memulai membangun rumah minimalis tipe 36 atau 45. Jika budget Anda lebih kecil, Anda bisa terlebih dahulu membangun lantai 1 untuk siap ditempati, lalu jika memang dibutuhkan ruang yang lebih, Anda bisa menyicil membangun lantai 2. Rumah yang seperti ini dinamakan dengan smarthouse karena Anda bisa sewaktu-waktu meng-upgrade rumah Anda menjadi bangunan 2 lantai.

Desain rumah yang minimalis

Jika membeli rumah siap huni, apalagi sudah ada perabotannya, biaya tentu akan sangat melonjak namun tidak begitu menguntungkan bagi Anda karena sama saja dengan membeli perabotan untuk rumah tapi Anda tidak diijinkan memilih. Dengan membangun rumah sendiri, Anda bisa dengan bebas memilih perabotan yang desainnya minimalis dengan biaya yang bisa ditekan untuk rumah minimalis modern 2 lantai.

Denah rumah minimalis 2 lantai
Denah rumah minimalis 2 lantai

Menggunakan jasa arsitek

Menggunakan jasa arsitek profesional bisa menekan biaya Anda untuk membangun rumah. Konsultasikan dengan arsitek budget yang Anda miliki dan serahkan pada arsitek untuk mendesain rumah minimalis yang sesuai dengan budget, luas dan kontur tanah lahan. Tarif jasa arsitek tidak selalu mahal, banyak juga arsitek yang menetapkan tarif yang terjangkau.

Pemilihan material bangunan

Memilih material bangunan yang efektif dan efisien bisa menekan biaya pembangunan rumah karena bahan material adalah unsur yang paling banyak memakan biaya. Misalnya saja untuk atap, pada atap sebagai pengganti genteng tanah liat, bisa diganti dengan semen tanpa kandungan asbes agar tidak panas. Pemasangan genteng membutuhkan kaso dan reng yang akan menambah biaya, selain itu atap dari semen akan membuat rumah Anda lebih modern dan memperkuat konsep rumah minimalis modern 2 lantai. Dinding konvensional yang terbuat dari semen atau beton bisa diganti dengan bambu di beberapa tempat seperti teras atau bagian belakang rumah. Bambu sebagai bahan pengganti semen bisa memberikan kesan natural, selain itu struktur bambu sangat kuat dan baik bila diawetkan dengan benar. Memanfaatkan sisa-sisa potongan keramik untuk mozaik pada dinding juga akan memberikan tekstur tersendiri pada dinding Anda, sehingga Anda bisa menghemat biaya cat dinding.